Latar Belakang

Teknik Mesin merupakan ilmu yang mempelajari aplikasi dari prinsip fisika untuk desain mesin, manufaktur, analisis suatu mesin,dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan - perusahaan besar. Selain peminat dari jurusan teknik mesin yang banyak, ternyata sarjana teknik mesin mempunyai peluang untuk bekerja di berbagai bidang pekerjaan. Berikut ini merupakan prospek kerja teknik mesinyang perlu anda ketahui.

WirausahaDengan kemampuan yang dimiliki oleh lulusan teknik mesin, tak heran jika lulusan ini mampu mendirikan lapangan pekerjaan sendiri baik yang berhubungan langsung dengan teknik mesin maupun tidak. Misalnya membuka industri mobil, membuka industri perhotelan, menjadi desainer mekanik, bengkel, showroom, jasa dll.

Perusahaan dan Industri

Perusahaan tentu membutuhkan seorang engineer teknik mesin untuk mengendalikan pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi menggunakan mesin - mesin dalam pabrik untuk dipantau. Perusahaan yang membutuhkan teknik mesin antara lain PT. UNILEVER, PT. PLN, Yamaha, Astra, dll.

Pertambangan

Suatu perusahaan tambang tentu membutuhkan ahli mesin untuk mengendalikan seluruh proses baik pengambilan dan pengolahan dari bahan tambang. Sehingga engineer teknik mesin dibutuhkan dalam hal ini baik di perusahaan nasional maupun internasional, seperti PT. Pertamina, Chevron, Freeport, dll.

Dosen Teknik Mesin

Lulusan teknik mesin dapat menjadi pengajar di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta, dan peluang untuk menjadi dosen minimal dengan menyelesaikan S2 masih sangat terbuka lebar karena jurusan teknik mesin masih sangat dibutuhkan.

Instansi Pemerintah

Peluang bekerja di pemerintahan bisa juga dilakukan oleh lulusan teknik mesin seperti di departemen pemerintahan pusat riset dan pengembangan teknologi milik pemerintah antara lain IPTN dan BPPT. Demikian beberapa informasi teratas peluang kerja prodi teknik mesin, sangat banyak sekali yang belum dicantumkan. Terima kasih dan jangan lupa untuk membagikan informasi baik lewat facebook twitter ataupun media sosial lainya