Visi

" Menjadi Program Studi Teknik Mesin yang unggul, mandiri dan berbudaya di Tingkat Nasional dan Internasional pada tahun 2025 "

Misi

Untuk tercapainya visi tersebut dengan realisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi di atas maka Program Studi Teknik Mesin Fakultas Universitas Balikpapan perlu merumuskan misi, sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pendidikan dan pengajaran bidang teknik mesin yang berbasis kompetensi pada sektor rekayasa dan industri untuk menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri dan berbudaya yang memiliki daya saing yang tinggi.
  2. Mengembangkan penelitian berorientasi pada sektor rekayasa dan industri yang dilaksanakan baik oleh tenaga pendidik maupun mahasiswa.
  3. Mengembangkan pengabdian masyarakat berorientasi pada sektor rekayasa dan industri yang dilaksanakan baik oleh tenaga pendidik maupun mahasiswa yang akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai institusi pemerintah dan swasta/industri dalam rangka peningkatan mutu penyelenggaraan Tridharma  Perguruan Tinggi

Misi tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi lulusan Sarjana Teknik Mesin Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Balikpapan sehingga unggul dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dengan menjunjung nilai-nilai budi pekerti sebagai bangsa berasaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. 

Tujuan

Untuk tercapainya visi dan misi Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Balikpapan perlu dibuat Tujuan Program Studi Teknik Mesin secara keseluruhan sesuai dengan statuta Universitas Balikpapan :

  1. Menciptakan Sarjana Teknik Mesin yang unggul, mandiri dan berbudaya yang memiliki kompetensi sesuai dengan sektor dan rekayasa. 
  2. Meningkatkan penelitian yang mampu mendukung pengembangan ilmu pengetahuan teknologi, industri dan rekayasa.
  3. Mengimplementasikan pengabdian masyarakat berdasarkan hasil penelitian untuk menunjang sektor industri dan rekayasa.
  4. Mengembangkan hubungan kerjasama yang harmonis dengan institusi pemerintah dan swasta/industri sarjana teknik mesin sesuai dengan dunia kerja.